Kamis, 27 Oktober 2011

Dora-Diego, film kartun mendidik?


FILM kartun adalah film yang menawarkan imajinasi bagi penonton TV kelompok umur anak-anak. Sayangnya imajinasi yang mereka nikmati ‘kadang-kadang’ atau bahkan lebih sering tidak masuk akal atau tidak logis. Alih-alih mendidik, film kartun seperti ini justru dapat menyesatkan anak bahkan dalam tingkat yang lebih berat bisa membuat anak celaka.
Walau demikian, ada beberapa film kartun yang cukup mendidik. Misalnya Dora the Explorer dan Go Diego Go. Film yang tayang berbahasa Indonesia ini (bahasa aslinya adalah Spanyol atau Inggris) bercerita tentang tokoh anak yang penuh rasa ingin tahu, pemberani dan penyayang binatang.  Kedua film kartun ini juga sangat  diminati di kalangan anak-anak berusia sekitar 4 tahun.
Metode penyampaian pesannya sederhana dan juga variatif, dikemas dalam berbagai cerita yang menarik minat anak-anak. Memberi pemahaman mengenai berbagai hal seperti bentuk, warna, angka-angka, kata-kata, binatang, tumbuh-tumbuhan dan sebagainya.

Dora dan Diego (sumber: i-love-cartoons.com)
Kedua film ini (Dora dan Diego) juga jauh dari unsur kekerasan. Sebaliknya melatih anak untuk kreatif (selalu  ingin tahu), walaupun sejauh ini belum ada penelitian yang menguatkan. Hanya sebatas kesimpulan dari proses pengamatan.
Milton Chen, penulis buku ‘Anak-anak dan Televisi’ mengatakan TV adalah ‘orang asing’ yang dapat menggantikan peran orang tua dalam mengasuh anak, sengaja atau tak sengaja. Ia berinteraksi dengan anak-anak. Bisa menyebabkan hal-hal tak terduga pada anak-anak kita, menjadi terhibur, lebih cerdas, lebih kreatif, tapi juga bisa menjadi korban.
Seorang bocah perempuan berusia empat tahun tewas tersangkut pita rambutnya sendiri di Inggris (1 Januari 2008). Bocah ini akhirnya tewas, entah karena bermaksud menirukan adegan kartun Go Diego Go atau karena sebab lain. Yang jelas sebelum kecelakaan itu, sang bocah yang bernama Paige Brown (4 th) menonton film kartun Dora the Explorer dan Go Diego Go.
Intinya, membiarkan anak menonton film kartun sendiri tetap saja bukan hal yang bijaksana. Sekalipun itu adalah film kartun yang mendidik

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

 

Design By:
SkinCorner